Skip to main content

15 Tahun NTB di Mata Saya

Lima belas tahun sudah saya bernafas dikota tercinta ini. Lima belas tahun pula kota ini sudah menjadi pendamping setia saya. Dan sejak lima belas tahun itulah, saya cinta sekaligus bangga pada NTB ini!

Daerah kecil yang berada ditengah Indonesia. Jika anda bertanya, inilah provinsi terindah menurut saya. Sebuah provinsi yang mampu membuat saya takjub akan alam dan segalanya isinya. Takjub akan karunia Tuhan yang sangat indah untuk dunia ini. Takjub akan sejuta pesona paronamanya,takjub akan beribu keindahan yang memang sudah bukan sebuah janji seperti pada kampanye sebuah partai politik, tapi inilah faktanya! NTB mampu menghipnotis siapa saja. Anda tidak percaya? Jika berani datang saja. NTB menantang anda.
pantai bom/ampenan  *fotopribadi*

senggigi beach *fotopribadi*


Indah tidak mampu  melukiskan NTB ini. Decak kagum tidak mampu menggambarkan eksotisnya daerah ini. Dan kemudian orang bertanya, apakah seorang anak labil seperti saya bangga menjadi anak NTB? Bukankah anak remaja yang haus akan hiburan seperti saya, pada nyatanya lebih suka menghina NTB? Saya akui itulah faktanya, kurangnya fasilitas untuk hiburan remaja, banyak sarana yang masih kurang dimata mereka, membuat mereka gengsi untuk mengatakan bangga menjadi warga NTB. Namun itu tidak berlaku jika anda bertanya pada saya. Tentu saja jawabanya adalah, saya sangat bangga menjadi anak NTB! Mengapa? Tidak ada satu katapun yang mampu menjelaskan alasan saya.

Inilah kota kelahiran saya. Kota yang telah membesarkan saya. Kota yang telah membuat saya  mampu untuk menulis kata-kata ini. Dan saya berkata pada diri saya “saya hidup disini, dari daerah ini, untuk daerah ini”. Memang saya mengakui bahwa saya belum mencurahkan karya untuk NTB tercinta, tapi percaya pada saya, suatu saat NTB juga akan bangga memiliki saya.

Hidup di daerah NTB dengan backsound suara gendang beleq yang super indah dan ekstra beleq membuat saya bertahan mendengar cacian orang akan NTB saya ini. Mengkritik boleh saja, tapi jika menghina, saya sarankan berkacalah dulu anda. NTB memang tidak sempurna, tapi selalu mencoba untuk menjadi yang luar biasa. Dan untuk apa menghina? Lebih baik kita berkarya untuk NTB tercinta.

Namun ada yang masih menjadi kesedihan saya, yaitu pendidikan. Sudahkah saudara saya yang berada di pelosok desa mendapatkan pendidikan yang layak? Sudahkah saudara saya yang berada nan jauh dari kota mendapatkan sarana yang layak? Dan saya berharap jawabannya adalah iya, mereka telah mendaptkan apa yang mereka layak dapatkan. Sering kita lihat di tv, begitu banyak anak Indonesia, yang sangat ingin bersekolah, namun harus melewati jalanan yang sangat panjang untuk bisa mencapai sekolah. Dan saya berharap di usia NTB yang ke-53 ini, keadaan itu bisa hilang secara perlahan. Bukan hanya murid yang perlu di perhatikan, tapi gurunya juga. Sungguh banyak guru yang telah berkorban di NTB ini, namun belum mendapatkan balasan yang seimbal. Semoga kedepannya, NTB bisa menjadi yang lebih baik. Amin!

Banyak harapan yang saya inginkan untuk NTB tercinta, tapi susah untuk dituliskan. Mungkin tindakanlah yang mampu untuk menjelaskan. Teman-temanku, saudaraku, ibuku, bapakku, inilah NTB. Daerah yang bangga memiliki kita. Dan tentunya kita juga harus bangga hidup di NTB ini. Oleh karena itu, mari kita membangun NTB bersama, menuju NTB yang luar biasa.

Bangga bukan berarti tertawa lalu mengabaikan, bangga bukan berarti hanya dari ucapan. Bangga yang sesungguhnya adalah melalui tindakan. Inilah NTB, kehidupan kita, harapan kita. Semoga NTB semakin jaya dari kita dan untuk kita.
Nusa Tenggara Barat
Tiga kata penuh makna
Disinilah kehidupan indah saya ada
Bangga adalah satu kata dari saya untuknya
Sejuta pesona mampu menghipnotis mata
NTB tidak sempurna tapi luar biasa!

Doa saya semoga NTB bisa menjadi yang terbaik di dunia, melalui karya remaja seperti saya dan teman-teman, saudara, ataupun siapa saja yang merasa bangga akan NTB ini. Mari kawan, kita buat daerah kebanggan kita menjadi yang terbaik dimana saja. Pemerintah memang ada, tapi ini semua tidak sepenuhnya urusan mereka. Akan lebih baik jika peran kita juga ada. Kata bangga melalui ucapan kita akan menjadi sia-sia jika tidak ada tindakan yang memberi makna. Selamat Ulang Tahun yang ke-53 NTB tercinta! Tetaplah menjadi yang luar biasa dimata saya dan dimata dunia. NTB jaya dari kita dan untuk kita semua!



Comments

Popular posts from this blog

Tumblr Lights, Ngehits pun Nyaman

Assalamualaikum, Tidurmu paling enak kalau lampu kamar mati atau hidup nih? Kalo saya sih paling suka remang-remang hehehe anaknya nggak bisa tidur kalau keadaan terang, tapi takut gelap. Kan bingung. Selama ini selalu pakai lampu tidur kecil, tapi ya gitu; nggak bertahan lama. Browsing-browsing di pinterest eh ternyata lampu ala tumblr gitu lucu ya? Heheheh Lampu ala tumblr, atau ngetrennya tumblr lamp itu sebenarnya lampu led kecil kelap kelip yang sering banget ditemuin di pohon natal, di plang-plang nama tempat, atau bahkan kalau di Mataram (tempat tinggal saya –red) itu ada di setiap pohon yang ada di jalan utama Kota. Uniknya, sesuai selera si empunya kamar lampu ini bisa disulap jadi dekor yang lucu. Kalau kyk gini fungsinya jadi double; penerang waktu tidur & dekorasi kamar. Seru kan? pinterest Tumblr lamp ini banyak banget dijual dimana-mana, ada di supermarket bahkan di toko online. Kisarannya mulai dari 30ribu keatas, sesuai dengan panjang lampu d

BALI: Milu By Nook

Assalamualaikum, Been year in Bali, jadi ga afdol kalo belum post sesuatu tentang Bali yah. Ga jauh-jauh dari destinasi wisata, kali ini mau share salah satu cafe yang menurut aku bisa jadi tujuan kamu kalo datang ke Bali. Namanya Milu by Nook. Lokasinya ada di Jl Pantai Berawa No 90 XO Canggu, Kuta Utara. Kalo dari jalan Gatsu Barat Denpasar, sekitar 18 menit. Dari luar keliatannya sih tempatnya kecil, kyk cafe biasa. Nah pas masuk, hawa nyamannya tuh langsung berasa kyk lagi di rumah. Banyak pilihan tempat duduk, ada yang indoor dan outdoor. Asiknya lagi, view outdoor langsung ke arah sawah gitu. Ini sih yang keren banget! Cafe ini buka dari pagi jam 8 sd jam 11 malem, jadi mereka punya varian menu dari sarapan, brunch, lunch sampai dinner. Buat kamu yang vegetarian, di sini ada opsi menu vegetarian juga lho! Waktu kita pesan makanan, nanti pelayannnya akan memastikan pesanan kamu dan bertanya apa kamu ada alergi makanan atau engga. Aku pesan men

Matematika romantis

R : adek E : iya, sbb ya baru pulang pembinaan ekonomi. ono opo? R : pingin bagi-bagi cerita nih. ema capek? kalo capek tidur aja :) E : cerita apa? ga ngantuk kok haha R : gini, tau ruang metrik? kya dunia, kya bendanya antara mamamu sama kamu, bedanya kamu yang sekarang sama kamu yang 10 tahun kemudian. ngerti kan? haha E : matriks? pelajaran math itu? ato metrik biologi? ah bahasamu susah dicerna. saya ngerti apa maksudnya. tapi apa maksudmu ngomong gitu? R : nah pinter. kalo ruang topologi tau? kaya kehidupan akhirat. tau kan kalo di surga itu kita semua sama, ga ada yang tua ato muda, semua sama, semuanya cantik, semuanya ganteng . iya kan? haha ibaratnya gini, donat sama cangkir itu kalo di dunia itu beda kan? tapi diruang topologi itu, donat sama cangkir sama. ngerti kan? E : wis aku ngerti. intinya skg kamu lg dilema. dilema karna perbedaan, trs kamu mau ngasi tau dia kalo apapun perbedaan didunia ini, toh diakhirat bakal jadi sama semua.jadi ngapain terputus cuman grgr perb