Skip to main content

Bangunan Tua

Assalamualaikum,
Setelah posting mendadak galau kemarin, saya sekarang jadi ceria lagi haha Alhamdulillah. Sebenernya udah lama nyimpen post ini tapi karena kemarin try out jadi saya nggak sempat buat nge blogg dulu. Kalo denger kata bangunan tua, apa sih yang pertama muncul di kepala kamu? Horror? Mistis? Atau art? Kalo kota tua pasti sih yang kebayang yang serem-serem aja, kecuali buat mereka yang punya sense of art yang tinggi pasti otomatis bakal bilang “every building has their own story and it's unique."

Beberapa minggu yang lalu saya dateng ke beberapa tempat secara mendadak bareng Nini (my deskmate) buat survey untuk foto kelas, walaupun sekarang udah ganti tema haha. Perginya mendadak, sekitar jam 4an sms Nini ngajakin pergi dan seketika langsung cuss. Kita pergi ke dua tempat; Kota Tua dan Bioskop lama. Yaps! Dulu Mataram punya bioskop, Ibu sama Bapak saya paling sering cerita tentang acara ngedate mereka ke bioskop waktu jadi manten dulu. Sekarang Mataram udah nggak ada bioskop, mungkin investor masih mikir-mikir buat investasi bioskop disini. Daya beli masyarakat sini (NTB) masih belum tinggi. Emang banyak sih anak muda yang pengen banget Mataram atau Lombok dibangun bioskop, tapi apa iya mereka bakal ngejamin kalo pengunjungnya selalu ada? Ya paling mereka-mereka yang menuntut aja yang paling sering kunjung #nooffense


Di entri kali ini foto-fotonya ada versi edit sama enggaknya. Soalnya saya fotonya dari dalem mobil, nggak turun jadi efek fotonya kurang bagus. Foto yang di atas itu foto salah satu ruko yang udah nggak kepake kayaknya. Cocok buat dipake foto tema rock n roll, punk, atau kriminal gitu. Yang atas yang versi originalnya.


Ini jalan utamanya. Banyak orang yang bilang Kota Tua sekarang “kota mati”, udah nggak kaya dulu waktu masih jadi pelabuhan Ampenan. Dulu Ampenan lebih terkenal dari Mataram, makanya kalo kirim barang pasti kodenya “AMI” yang artinya Ampenan-Mataram sama kalo tiket pesawat juga gitu. Tapi sekarang udah ganti LOP (Lombok-Praya) karena bandaranya udah pindah ke Lombok tengah.


Ini belokan dari jalan utama menuju perkampungan warga sekitar. Di sini semua suku lengkap; suku Sasak, Jawa, Arab, Cina, rame pokoknya! Di Kota Tua juga ada vihara sama beberapa toko dan satu salon keren di jalan utamanya.


Kalo jalan yang tadi ada di sebelah kiri dari pintu masuk, kalo yang ini di sebelah kanan. Jadinya saling berhadapan gitu. Ini juga menuju perkampungan warga, disini mayoritas nelayan jadinya kalo mau cari-cari ikan segar ke deket-deket sini aja. Saya dulu pernah wawancara ke daerah deket sini buat penelitian karya ilmiah tentang pemasaran ikan, dan semua orangnya friendly banget! Mereka udah terbuka dan nggak kudet, jadi jangan takut kenapa-kenapa hehe. Bangunan berpagar besi itu pertamina tapi bukan pom bensin. Nah di depan pertamina itu deretan “real bangunan tua”. Di sana spot foto-foto andelan pengunjung. Kalo lagi imlek gini pasti Kota Tua rame, waktu kemarin kesana jalan utamanya udah rame sama lampion merah buat imlek.


Kalo kalian dateng ke Mataram(Lombok-NTB), jangan lupa mampir ke sini. Ini tempatnya ada di jalan menuju Senggigi. Kalo kalian backpaker tanpa travel, dari Senggigi lurus aja ke arah Mataram sampe ketemu simpang 5 Ampenan, terus belok kanan kalian langsung bakal nemuin jalan utama Kota Tua. Sebelum belok ada Rumah Makan yang enak banget! Namanya Ramayana, saya lupa nama-nama menunya yang jelas rasanya apik banget! Kalo kalian datengnya dari Mataram bisa lurus terus di jalan utama (satu jalur) sampe ketemu pasar ACC (pasar ikan) terus belok kanan, nah di lampu merah simpang 5 langsung belok kiri dan sampe deh di jalan utama Kota Tua!
Kota Tua nggak se”mati” kata-kata orang kok. Banyak hal yang orang nggak pernah bahas yang kesimpen di bangunan-bangunan tua ala arsitektur Belanda. Kalo menurut saya Kota Tua itu tetap hidup, semua mati karena sugesti. Oh ya, di Kota Tua kalo di jalan utamanya lurus terus ntar nyampe ke pantai. Kalo kata temen-temen itu namanya Pantai Bom. Pantai everywhere lah pokoknya di Lombok!



Saya nggak tahu banyak tentang bioskop ini. Dulu 3 tahun tatap-tatapan sama gedung ini tapi baru kemarin inilah saya merhatiin aslinya yang agak serem menurut saya. Gedungnya ada di Jalan Pejanggik di depan TK Putra samping SMPN 2 Mataram (SMP saya) makanya dulu natap sampe bosen. Bagian depannya udah dijadiin warung kecil gitu sama bengkel. Kalo pulang sekolah pasti banyak anak cowo yang nongkrong. Yang nomor ganjil itu bagian belakangnya, bentuknya udah ketutup sama rumput yang tumbuh liar. Agak serem kalo cuman fokus sama bangunan bioskop tua aja tanpa lihat lingkungan sekitarnya. Di samping ex bioskop ini ada warung tenda seafood yang rame banget, di belakangnya juga ada perumahan gitu. Pas foto ini saya tunjukin ke temen kelas, mereka malah bilang “ih keren kok”. Pasti efek foto haha atau mungkin emang sense of art saya aja yang kurang, soalnya tempat ini juga sering dijadiin tempat pemotretan.


Saya perginya bareng dia (varsity pink), ceritanya dia abis jogging sore haha. Itu demi foto instagram dia rela turun terus motret bunga yang ada didepan rumah orang yang deket bioskop tadi. Bukan orang sih, tapi kakak alumni dari sekolah kita (SMAN 1 Mataram). Rumahnya asri banget, penuh pohon terus serba ijo gitu. Cocok buat foto-foto imut alat tumblr haha. Kalo foto bawah jangan tanya kenapa bengkak gitu, karena saya juga nggak tau kenapa muka isinya pipi semua (brb senam wajah).
Udah itu aja ya, bentar lagi saya mau posting tentang birthday boy and birthday girl. Inget! Kalo ke Lombok kita meet up!
Wassalamualaikum. See you!

Comments

  1. oke, ntar kalo aku ke mataram bakal mampir ksana :D

    ReplyDelete
  2. Nusa Tenggara ke Timur, Sulawesi ke Timur belum pernah saya singgahi. Suatu saat pasti saya singgahi dan berawal dari Mataram. Semoga.

    ReplyDelete
  3. Di beberapa tempat, kota tua emang banyak menyimpan kenangan dan sejarah tersendiri. Tapi tragisnya, di beberapa tempat juga, kota tua malah terabaikan begitu saja. :)

    ReplyDelete
  4. bangunan tua dengan cerita masing-masing :)
    anyway, aku sudah follow ya

    sweet and sugars,
    DIAS

    ReplyDelete
  5. Salam Kuwancut NTB haha. yang pante ampenan, ada kenangan :3

    ReplyDelete
  6. salam kenal , saya tidak sengaja terdampar diblognya kamu, lagi iseng iseng searrch di google tentang keindahan alam..egh rupanya saya dibawa kesini oleh mbah google.
    hehhe..

    pertama saya baca blog kamu..ternyata menarik..ngak twnya beterussan kemudian saya baca post blog kamu lainnya ternyata seru..kalau saya kasih saran, kamu berbakat jadi penulis..coba buat cerita novel aja..pasti lebih seru, ceritanya pasti lebih menarik..

    bisa antar saya jalan jalan keliling lombok..ngak?
    kapan kapan gue main kelombok dech..
    saya dari palembang :D

    ReplyDelete
  7. http://amaqdoel.blogspot.com/2014/06/aku-memilih-duduk-sendiri-diatas-bukit.html
    terima kasih tulisanmu yang begitu indah :)

    ReplyDelete
  8. Halo adik kelasnya Ranti :D baru pertama kali main ke sini nih. Salam kenal eaa.
    Haha bener. Lombok itu pantai everywhere. Tapi gak pernah main ke Kota Tua nih. Hikss.

    ReplyDelete
  9. Kami Jasa Pembuatan Ijazah Profesional .
    Melayani Jasa Kepengurusan Ijazah SMU, S1 dan S2 TERPERCAYA sejak tahun 1996 .

    1. Kami membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi tidak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin orang tua.
    – IPK jelek, ingin diperbaiki
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.

    2. JASA KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.

    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. KTP + Foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Semua data di email ke: 085736927001.KU@GMAIL.COM
    10. Pembayaran adimistrasi 50% di depan,sisa saat serah terima pesanan.
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE / TIKI / POS INDONESIA

    4. Biaya – biaya

    SD = Rp. 4.000.000

    SMP = Rp. 4.000.000

    SMA = Rp. 4.000.000

    D3 = 6.000.000

    S1 = 8.000.000

    S2 = 20.000.000

    S3 / Doktoral Rp. 35.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)

    D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 10.000.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)

    S1 Dokter. Rp. 30.000.000

    5. Kelebihan Jasa Kami

    Jaminan Ijazah yang sah
    Legal
    Terakreditasi
    Terdaftar di kampus dan diknas (Bukan Ijazah Aspal)
    Aman untuk daftar CPNS / Caleg/ CaBup
    Tenang untuk melanjutkan ke Jenjang Pendidikan yg lebih tinggi S1/S2/S3
    Bisa ikut wisuda (Khusus Paket Wisuda)
    Tidak takut di cek di kampus bersangkutan karena benar-benar TERDAFTAR
    Sudah termasuk biaya pembuatan Skripsi/ tugas akhir / Tesis

    6. Fasilitas yang Kami Berikan

    Ijazah, Transkrip Nilai & Legalisir NIM (No Induk Mahasiswa) & No Seri Ijazah yang terdaftar
    di Kopertis/DIKNAS &Universitasnya. Dijamin KEASLIAN ijazah,
    transkrip dll kerana semuanya dikerjain oleh Universitasnya sendiri.
    Ijazah S1/S2 Yang DIJAMIN ASLI & TERDAFTAR DI Kopertis/Diknas & Universitas.
    Ijazah juga semua ada akreditasi dengan BAN-PT.
    Undangan wisuda resmi dari kampus ( Khusus Paket Wisuda) .

    www.pintuwisuda.blogspot.com

    www.ijazahs1.blogspot.com

    www.pembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    Untuk tanya jawab silahkan anda kirim email ke 085736927001.ku@gmail.com atau silahkan anda sms ke : 085736927001 .

    ReplyDelete
  10. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tumblr Lights, Ngehits pun Nyaman

Assalamualaikum, Tidurmu paling enak kalau lampu kamar mati atau hidup nih? Kalo saya sih paling suka remang-remang hehehe anaknya nggak bisa tidur kalau keadaan terang, tapi takut gelap. Kan bingung. Selama ini selalu pakai lampu tidur kecil, tapi ya gitu; nggak bertahan lama. Browsing-browsing di pinterest eh ternyata lampu ala tumblr gitu lucu ya? Heheheh Lampu ala tumblr, atau ngetrennya tumblr lamp itu sebenarnya lampu led kecil kelap kelip yang sering banget ditemuin di pohon natal, di plang-plang nama tempat, atau bahkan kalau di Mataram (tempat tinggal saya –red) itu ada di setiap pohon yang ada di jalan utama Kota. Uniknya, sesuai selera si empunya kamar lampu ini bisa disulap jadi dekor yang lucu. Kalau kyk gini fungsinya jadi double; penerang waktu tidur & dekorasi kamar. Seru kan? pinterest Tumblr lamp ini banyak banget dijual dimana-mana, ada di supermarket bahkan di toko online. Kisarannya mulai dari 30ribu keatas, sesuai dengan panjang lampu d

BALI: Milu By Nook

Assalamualaikum, Been year in Bali, jadi ga afdol kalo belum post sesuatu tentang Bali yah. Ga jauh-jauh dari destinasi wisata, kali ini mau share salah satu cafe yang menurut aku bisa jadi tujuan kamu kalo datang ke Bali. Namanya Milu by Nook. Lokasinya ada di Jl Pantai Berawa No 90 XO Canggu, Kuta Utara. Kalo dari jalan Gatsu Barat Denpasar, sekitar 18 menit. Dari luar keliatannya sih tempatnya kecil, kyk cafe biasa. Nah pas masuk, hawa nyamannya tuh langsung berasa kyk lagi di rumah. Banyak pilihan tempat duduk, ada yang indoor dan outdoor. Asiknya lagi, view outdoor langsung ke arah sawah gitu. Ini sih yang keren banget! Cafe ini buka dari pagi jam 8 sd jam 11 malem, jadi mereka punya varian menu dari sarapan, brunch, lunch sampai dinner. Buat kamu yang vegetarian, di sini ada opsi menu vegetarian juga lho! Waktu kita pesan makanan, nanti pelayannnya akan memastikan pesanan kamu dan bertanya apa kamu ada alergi makanan atau engga. Aku pesan men

Matematika romantis

R : adek E : iya, sbb ya baru pulang pembinaan ekonomi. ono opo? R : pingin bagi-bagi cerita nih. ema capek? kalo capek tidur aja :) E : cerita apa? ga ngantuk kok haha R : gini, tau ruang metrik? kya dunia, kya bendanya antara mamamu sama kamu, bedanya kamu yang sekarang sama kamu yang 10 tahun kemudian. ngerti kan? haha E : matriks? pelajaran math itu? ato metrik biologi? ah bahasamu susah dicerna. saya ngerti apa maksudnya. tapi apa maksudmu ngomong gitu? R : nah pinter. kalo ruang topologi tau? kaya kehidupan akhirat. tau kan kalo di surga itu kita semua sama, ga ada yang tua ato muda, semua sama, semuanya cantik, semuanya ganteng . iya kan? haha ibaratnya gini, donat sama cangkir itu kalo di dunia itu beda kan? tapi diruang topologi itu, donat sama cangkir sama. ngerti kan? E : wis aku ngerti. intinya skg kamu lg dilema. dilema karna perbedaan, trs kamu mau ngasi tau dia kalo apapun perbedaan didunia ini, toh diakhirat bakal jadi sama semua.jadi ngapain terputus cuman grgr perb