Skip to main content

Benang Stokel & Benang Kelambu

Assalamualaikum,

We meet again! Sekarang saya bakal ngajak kalian buat tau salah satu destinasi wisata favorit di Lombok. Yups, saya anak Lombok. Walaupun nggak Lombok Lombok amat, saya nggak bisa makan terlalu pedes, makan kangkung, beberoq, ayam taliwang, nggak pernah ke Gili trawangan taunya cuman senggigi beach, malimbu, Kuta (sekarang jadi Pantai Mandalika), sama tanjung Aan (kalo sering liat ig Dian Pelangi, trs latar belakangnya pantai biru bersih, kemungkinan itu semua tanjung Aan, soalnya saya belum pernah liat Dian di pantai selain Aan). Tahun 2014 ini saya pengen banget bisa ke gili trawangan, apalagi dari kemarin kakak yang kerja disana desak terus, sayang udah kelas 12 dan harus fokus UN pffft.  Tapi sekarang ini yang saya mau ceritain bukan pantai, tapi air terjun mennn! Lombok nggak melulu tentang pantai kok, alamnya kaya banget semuanya ada. Cuman mungkin pengembangannya aja yang belum maximal karena masih dalam tahap proses menuju kesana.


mungkin postingan ini bakal panjang dan rame, boleh aja close tab tapi waspada penyesalan:p Namanya Benang Stokel, ada di Lombok bagian tengah. Perjalanan dari kota Mataram sekitar 2,5 jam kalo pake bis, kalo pake motor sekitar 1-1,5 jam. Tapi denger denger sekarang jalannya udah bagus, mungkin bisa sekitar 2 jam kurang kalo pake mobil/bis. Saya perginya satu setengah tahun yang lalu buat perpisahan sebelum penjurusan. Waktu itu jalannya banyak dalam perbaikan, ada pohon tumbanglah, jalan raya yang dipake cuman setengah, dan banyak rintangan lainnya. Menurut saya waktu itu kita sempat muter jalannya, soalnya rasanya lebih lama dari waktu saya pergi pas perpisahan Diniyah (pesantren kilat satu tahun pas kelas 7). Jadilah saya yang emang gak bisa sama mobil yang geraknya kaget kagetan alias dikit dikit ngerem gitu makin muntah muntah di jalan. sempet kapok mau kesana lagi, tapi pas udah nyampe cuman bisa nyebut Subhanallah teruzzzzz



dari parkiran, kita harus jalan bentar buat masuk terus turun pake anak tangga yang berjejer rapi. Jalannya udah pake jalan setapak, jadi nggak perlu khawatir buat kepeleset atau kotor karena lumpur. Ini view dari anak tangga, pas baru turun rasanya lasung sejuk abis! Hawanya itu dingin yang enak, nggak cocok buat ngekode kecuali kalo udah mandi baru dingin bangettt. Saya milih buat nggak mandi, selain nggak bawa baju ganti ntar di bis juga makin repot apalagi saya mabuk sama jalan yang berliku. Kalo kesini mending waktu musim kemarau biar view sepanjang jalan bagus terus pas sampe sini bisa main air sepuasnya. Waktu itu lagi musim hujan, sampe sana nggak ada hujan sih, cuman rintik rintik aja tapi dinginnya asli, terus jalan hutannya juga jadi lumayan licin, jadi mesti hati-hati.

 

Ironi? Sedih? Saya juga nggak tahu mesti komentar apa. di satu sisi, alamnya luar biasa, berpotensi banget buat dikembangin. Di sisi lain, sarana dan prasarana yang mendukung proses pengembangan malah nggak banget. Ini satu hal yang sangat disayangkan banget banget waktu itu buat saya. Tapi nggak tahu yang sekarang, semoga sudah diperbaiki (kayaknya sudah). Waktu itu jadinya temen-temen saya waktu mau ke atas (air terjun satunya lagi) ya pada pake baju yang basah. Bukan jadi masalah sih, malah jadi seru haha soalnya tampang mereka gokil-gokil abis.


Ini foto di air terjun kedua, namanya Benang Kelambu. Kelambu itu kalo bahasa Indonesianya gorden. Jadi air terjunnya itu jatuhnya keren menyerupai gorden. Benang Kelambu ini ada di dalam hutan, agak di bawah gitu. Buat kesini (Benang Kelambu), kita mesti jalan lewat hutan yang saya sebut becek tadi. Perjalanannya sekitar 5km, jalannya seru tapi mesti hati-hati soalnya di samping jalannya kaya langsung jatuh gitu kebawah ga ada tebingnya. Kita jalannya pake pemandu, soalnya takut tersesat. Di sini kekompakan kita bakal di uji, dikit-dikit mesti ngulurin tangan buat bantu temen ngelewatin jembatan, naik ke tempat yang agak tinggi, mesti saling jaga karena jalan yang licin, terus harus tetep saling ngingetin. Itu bagusnya alam, selalu memberi pelajaran selain keindahan. Subhanallah. Jujur, saya kangen.



Menurut saya kelambu lebih berkesan dari stokel (air terjun pertama tadi), soalnya di sini airnya lebih luas terus nyambung sampe kesana-sana airnya jadi lebih puas main airnya. Saya lebih milih buat duduk di batu-batu bareng anak anak yang ngga main air. Bincang bincang sambil menikmati moment terakhir, ngga tau besok bakal sekelas lagi apa nggak. Dan ternyata semua temen main saya sekelas, hikz hikz saya pisah karena di angket jurusan saya nulis IPS di pilihan satu dan pilihan dua. Waktu lagi foto – foto ada anak pramuka lewat rame banget, tapi mereka datengnya dari arah berlawanan pintu masuk, bingung mereka datengnya dari mana. Sampe sekarang, hanya mereka dan Tuhan yang tau.


Yang kiri itu view kalo di foto dari air terjunnya, itu viewnya full hijau soalnya hutan gitu. Jangan mikir gimana view kalo malem, pasti hemmmm. Terus yang dutengah itu tengah tengahnya air terjun, jadi ada batu batu gitu bisa jadi tempat duduk, depannya langsung air terjun belakangnya kali kecil gitu. Berrrr dingin banget! Seketika kaki langsung jadi putih bersih serasa abis refleksi di gigit ikan kaya di mall mall. Yang kanan, view dari kali (belakang foto tengah) kalo ngadep ke air terjun.

kiri ke kanan; saya-isha-mba yeyen-lingga-ratih

Pasukan tak berani air! Hahaha. Yaps selama di benang kelambu kita inilah yang jadi paparazi tapi paling banyak di foto. Saya kangen mereka, kelas sepuluh itu masa-masa terkrisis persahabatan bagi saya, saya ngerasain tekanan berat banget kelas sepuluh yang juga berpengaruh banget sama nilai saya. Tapi di semester dua ada mereka yang bangkitin semangat saya, yang ngasi surprise lucu waktu ultah saya, yang ngasi saya tempat duduk waktu tempat duduk asli saya adalah tempat tertidak nyaman bagi saya waktu itu. Makasih Isha, Mbak yen (you both are my best, i miss you so bad!), lingga, ratih, plus Lede, Ety, Aul dan Fajri yang nggak ada di foto ini. Kangen berat lah sama anak ipa macam kalian:3

This is benang kelambu, one of favorite destination in Lombok. Keren abis lah! Air terjunnya bener – benar lembut terus mbentuk gorden gitu. Sesuai namanya; Benang Kelambu!

Setelah hampir sejam di benang kelambu, kita langsung balik ke atas soalnya takut kesorean pulangnya mengingat jalan naik yang aduhai banget. Belum lagi perjalanan balik ke Mataram. Baliknya kerasa lebih cepet, ga sejauh yang tadi. Berkesan banget! Kenapa sih yang indah-indah mesti kerasa waktu udah mau berakhir? Tapi Alhamdulillah, saya bersyukur ada di kelas ini. Kelas yang ngajarin saya kalo nggak selamanya kita punya sahabat, ada kalanya orang nggak merasa nyaman sama kita. Mungkin aja kita kurang baik bagi mereka, atau mereka terlalu baik untuk jadi sahabat kita. Kelas sepuluh bener-bener jadi tahun yang buat saya banyak intropeksi diri. Alhamdulillah.

kiri-kanan; ety-saya-lingga-isha(merah)-mba yeyen-lidya-ratih
Ini foto waktu di atas, di jalan setapaknya. Di samping jalan banyak warung yang nyediain makanan sama minuman yang anget-anget. Jadi jangan khawatir buat yang lupa bawa jajan, disini ada kok. Jangan lupa mampir ke Lombok ya, supaya tau piece of heaven itu beneran ada. Ini buktinya. Belum lagi kalo jalan ke timur Lombok, makin ke timur destinasinya makin perawan dan nggak akan mengecewakan, dijamin! Maaf postingannya panjang banget, dan merasa bosen bacanya. Saya nggak tahu cara mengekspresikan kecintaan saya secara singkat hehe. Jangan lupa mampir! Kalo ke Lombok, meet up bolehlah :p

Wassalammualaikum. see you.

Comments

  1. Waaaw keren, apa lagi benang kelambul. Pasti asik ya disana.
    Dan.. yang paling keren itu... Ratih #eh salah fokus.

    ReplyDelete
  2. kapan-kapan kalo ke lombok, mampir deh :)

    ReplyDelete
  3. Wiw, asik banget tinggal di lombok ya.
    Gak mikirin biaya transportasi buat kesana lagi kayak saya.
    Mau banget liburan kesana, tapi harus mengeluarkan banyak biaya dulu.
    Kenapa gak pernah ke gili trawangan? Gue aja terpincut banget sama keindahan pulau disana. Hehe.
    Dan, ternyata masih banyak keindahan wisata di Lombok yang belum gue tau..... :')

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tumblr Lights, Ngehits pun Nyaman

Assalamualaikum, Tidurmu paling enak kalau lampu kamar mati atau hidup nih? Kalo saya sih paling suka remang-remang hehehe anaknya nggak bisa tidur kalau keadaan terang, tapi takut gelap. Kan bingung. Selama ini selalu pakai lampu tidur kecil, tapi ya gitu; nggak bertahan lama. Browsing-browsing di pinterest eh ternyata lampu ala tumblr gitu lucu ya? Heheheh Lampu ala tumblr, atau ngetrennya tumblr lamp itu sebenarnya lampu led kecil kelap kelip yang sering banget ditemuin di pohon natal, di plang-plang nama tempat, atau bahkan kalau di Mataram (tempat tinggal saya –red) itu ada di setiap pohon yang ada di jalan utama Kota. Uniknya, sesuai selera si empunya kamar lampu ini bisa disulap jadi dekor yang lucu. Kalau kyk gini fungsinya jadi double; penerang waktu tidur & dekorasi kamar. Seru kan? pinterest Tumblr lamp ini banyak banget dijual dimana-mana, ada di supermarket bahkan di toko online. Kisarannya mulai dari 30ribu keatas, sesuai dengan panjang lampu d

BALI: Milu By Nook

Assalamualaikum, Been year in Bali, jadi ga afdol kalo belum post sesuatu tentang Bali yah. Ga jauh-jauh dari destinasi wisata, kali ini mau share salah satu cafe yang menurut aku bisa jadi tujuan kamu kalo datang ke Bali. Namanya Milu by Nook. Lokasinya ada di Jl Pantai Berawa No 90 XO Canggu, Kuta Utara. Kalo dari jalan Gatsu Barat Denpasar, sekitar 18 menit. Dari luar keliatannya sih tempatnya kecil, kyk cafe biasa. Nah pas masuk, hawa nyamannya tuh langsung berasa kyk lagi di rumah. Banyak pilihan tempat duduk, ada yang indoor dan outdoor. Asiknya lagi, view outdoor langsung ke arah sawah gitu. Ini sih yang keren banget! Cafe ini buka dari pagi jam 8 sd jam 11 malem, jadi mereka punya varian menu dari sarapan, brunch, lunch sampai dinner. Buat kamu yang vegetarian, di sini ada opsi menu vegetarian juga lho! Waktu kita pesan makanan, nanti pelayannnya akan memastikan pesanan kamu dan bertanya apa kamu ada alergi makanan atau engga. Aku pesan men

Matematika romantis

R : adek E : iya, sbb ya baru pulang pembinaan ekonomi. ono opo? R : pingin bagi-bagi cerita nih. ema capek? kalo capek tidur aja :) E : cerita apa? ga ngantuk kok haha R : gini, tau ruang metrik? kya dunia, kya bendanya antara mamamu sama kamu, bedanya kamu yang sekarang sama kamu yang 10 tahun kemudian. ngerti kan? haha E : matriks? pelajaran math itu? ato metrik biologi? ah bahasamu susah dicerna. saya ngerti apa maksudnya. tapi apa maksudmu ngomong gitu? R : nah pinter. kalo ruang topologi tau? kaya kehidupan akhirat. tau kan kalo di surga itu kita semua sama, ga ada yang tua ato muda, semua sama, semuanya cantik, semuanya ganteng . iya kan? haha ibaratnya gini, donat sama cangkir itu kalo di dunia itu beda kan? tapi diruang topologi itu, donat sama cangkir sama. ngerti kan? E : wis aku ngerti. intinya skg kamu lg dilema. dilema karna perbedaan, trs kamu mau ngasi tau dia kalo apapun perbedaan didunia ini, toh diakhirat bakal jadi sama semua.jadi ngapain terputus cuman grgr perb