Skip to main content

Penipu di Malam Minggu


Assalamualaikum,

Puji syukur pada Allah SWT. Kejadiannya sekitar dua puluh menit yang lalu, dan masih saya fikirkan sampai saat ini.

Bermula dariibuk saya yang mendapat telpon dari orang yang ngaku-mengakunya dari pusat (Jakarta), katanya ibuk dapat hadiah. Tapi anehnya nomor orang ini bukan nomor kantor, dan ibuk juga nggak pernah ikut undian/kuis/promo dalam acara apapun sebelumya.

Ibuk sempat mematikan telponnya dan ternyata orang itu terus menerus menelpon kembali berulang-ulang, akhirnya ibuk menyerahkan HPnya pada saya lalu saya yang ngobrol dengan orang aneh tersebut. Kepala saya sedikit panas dan rasanya ingin mencaci orang tersebut ketika melihat nomornya dan mengaku sebagai orang pusat. Berikut percakapan saya dengannya,

OA : Orang Aneh
S: Saya

OA: "Ibuk kenapa hpnya dimatiin? halo halo?"
S: "iya, halo?" sambut saya setengah berteriak.
OA: "ibuk hpnya jangan di matiin ya"
S: "ya tunggu bntar" sahut saya mengaktifkan speaker
OA: "halo?"
S: "ya ya"
OA: "jangan dimatikan dulu bu, ibu ini menang. Ibu sudah baca ada sms dari uangku? Itu ibu pergi ke atm sekarang telponnya jangan sampai putus, masukan kode verifikasi uangku itu ke atm ibuk. Nanti hubungi lagi kalo udah sampai ya, jangan dimatikan teleponnya."
S: iya iya ini saya sudah sampai"
OA: "halo bu suaranya putus-putus"
S : "iya ini saya sudah sampai"OA :"ini siapa ya?"
S"yok, sai jak anta hah?" (artinya: loh siapa sih kamu hah?)
OAastagfirullah bu, ini bener bu."


tuttttt sambungan telponnya lalu saya matikan.


Entah apa yang telah orang itu katakan pada ibuk saya sebelumnya. Ibu saya sampai terlihat sangat percaya dan agak sedikit marah ketika saya mematikan telepon. "heh, itu orang pusat katanya kita dapat hadiah," kata beliau.
YaAllah bu, kalo emang itu orang pusat mestinya nelpon pake nomor kantor dan nggak semalem ini. Lagian kalo emang menang terus dapat hadiah, ibuk dikasi siapa? kan ibuk ngga pernah dapet hadiah. Ibuk itu mau dihipnotis, itu tadi ibuk disuruh ke atm masukin kode ke atm ibuk padahal nanti uangnya ke dia bukan ke ibuk.

Setengah tersadar ibuk lalu berujar "astagfirullah, yasudah matikan dah hp ibuk kalo gitu"

Entah siapa orang itu, dan kenapa masih ada modus seperti itu di tahun 2016 ini. Saya masih takut dia menelpon besok, dan ibuk saya mau mau aja ngikutin kemauannya. Karena terus menerus kefikiran, akhirnya saya mencari di google, apasih uangku itu? karena orang tersebut mengaku dari kantor Uangku. Ternyata Uangku itu aplikasi dari smartfren, dan saya liat websitenya tidak begitu update. Semakin curigalah saya. Dan terakhir sebelum menulis postingan ini, saya menyempatkan diri untuk mengirim email pada pihak Uangku untuk mengkonfirmasi kebenaran dan keresmian telepon tadi.

Apa pernah ada yang mengalami kejadian yang sama?

Comments

  1. Keliatan banget Ma, tulisanmu "gopoh" banget 😬 Belum diedit ya? Ada beberapa kalimat yang sasaknesia bgt hehe "yok sae jak anta hah? 😂😂😂 anjir ngakak hahaha

    ReplyDelete
  2. Uangku tidak pernah ada begituan mo, sepanjang saya memakai smartfren sampai saat ini tidak ada undian seperti itu mo.

    ReplyDelete
  3. sering suka sebel sama modus modus penipuan begitu

    ReplyDelete
  4. Tadi gue abis kena modus kaya gitu. Tapi yang nelfon goblok

    ReplyDelete
  5. Barusan kena modus yg Sama,aku matiin Aja....

    ReplyDelete
  6. Baru kemarin kena modus itu jg. Dia minta verifikasi kode uangku, trus gw sebut aj, baru angka pertama langsung matiin. Jd d kira putus hubungan. Eh dia lngsung nlp balik. Gw blaclist aj trus lapor ke telkomael dan sms ke 1166

    ReplyDelete
  7. Saya baruuuuuu saja 10 menit yang lalu mendapat pengalaman serupa,melen ku gorok bar dengan nuk. Modusnya gini mbak,dia daftar my xl dengan nmr kita,dan meminta nmr sandi dngan cara menelpon,sebelum sadar kita akan diminta untuk mengisi pulsa 100rb. Lah itu pulsa mau dia ambil lewat my xl yang sudah dia minta sandinya tadi. Di akhir obrolan dia ngomel-ngomel,trus ttuuuuuuuuttt obrolan diputus.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tumblr Lights, Ngehits pun Nyaman

Assalamualaikum, Tidurmu paling enak kalau lampu kamar mati atau hidup nih? Kalo saya sih paling suka remang-remang hehehe anaknya nggak bisa tidur kalau keadaan terang, tapi takut gelap. Kan bingung. Selama ini selalu pakai lampu tidur kecil, tapi ya gitu; nggak bertahan lama. Browsing-browsing di pinterest eh ternyata lampu ala tumblr gitu lucu ya? Heheheh Lampu ala tumblr, atau ngetrennya tumblr lamp itu sebenarnya lampu led kecil kelap kelip yang sering banget ditemuin di pohon natal, di plang-plang nama tempat, atau bahkan kalau di Mataram (tempat tinggal saya –red) itu ada di setiap pohon yang ada di jalan utama Kota. Uniknya, sesuai selera si empunya kamar lampu ini bisa disulap jadi dekor yang lucu. Kalau kyk gini fungsinya jadi double; penerang waktu tidur & dekorasi kamar. Seru kan? pinterest Tumblr lamp ini banyak banget dijual dimana-mana, ada di supermarket bahkan di toko online. Kisarannya mulai dari 30ribu keatas, sesuai dengan panjang lampu d

BALI: Milu By Nook

Assalamualaikum, Been year in Bali, jadi ga afdol kalo belum post sesuatu tentang Bali yah. Ga jauh-jauh dari destinasi wisata, kali ini mau share salah satu cafe yang menurut aku bisa jadi tujuan kamu kalo datang ke Bali. Namanya Milu by Nook. Lokasinya ada di Jl Pantai Berawa No 90 XO Canggu, Kuta Utara. Kalo dari jalan Gatsu Barat Denpasar, sekitar 18 menit. Dari luar keliatannya sih tempatnya kecil, kyk cafe biasa. Nah pas masuk, hawa nyamannya tuh langsung berasa kyk lagi di rumah. Banyak pilihan tempat duduk, ada yang indoor dan outdoor. Asiknya lagi, view outdoor langsung ke arah sawah gitu. Ini sih yang keren banget! Cafe ini buka dari pagi jam 8 sd jam 11 malem, jadi mereka punya varian menu dari sarapan, brunch, lunch sampai dinner. Buat kamu yang vegetarian, di sini ada opsi menu vegetarian juga lho! Waktu kita pesan makanan, nanti pelayannnya akan memastikan pesanan kamu dan bertanya apa kamu ada alergi makanan atau engga. Aku pesan men

Matematika romantis

R : adek E : iya, sbb ya baru pulang pembinaan ekonomi. ono opo? R : pingin bagi-bagi cerita nih. ema capek? kalo capek tidur aja :) E : cerita apa? ga ngantuk kok haha R : gini, tau ruang metrik? kya dunia, kya bendanya antara mamamu sama kamu, bedanya kamu yang sekarang sama kamu yang 10 tahun kemudian. ngerti kan? haha E : matriks? pelajaran math itu? ato metrik biologi? ah bahasamu susah dicerna. saya ngerti apa maksudnya. tapi apa maksudmu ngomong gitu? R : nah pinter. kalo ruang topologi tau? kaya kehidupan akhirat. tau kan kalo di surga itu kita semua sama, ga ada yang tua ato muda, semua sama, semuanya cantik, semuanya ganteng . iya kan? haha ibaratnya gini, donat sama cangkir itu kalo di dunia itu beda kan? tapi diruang topologi itu, donat sama cangkir sama. ngerti kan? E : wis aku ngerti. intinya skg kamu lg dilema. dilema karna perbedaan, trs kamu mau ngasi tau dia kalo apapun perbedaan didunia ini, toh diakhirat bakal jadi sama semua.jadi ngapain terputus cuman grgr perb