Skip to main content

Gempa 7,0 SR Lombok – 5 Agustus 2018

Assalamualaikum

Udah hampir setaun tapi baru bias cerita, gpp ya…
Satu minggu sebelum hari itu, 29 Juli 2018 tepat satu hari setelah saya wisuda, gempa mengguncang Lombok dengan kekuatan 5,6 berpusat di Lombok Timur. Kerusakan parah, korban, dan kesedihan melanda warga dekat pusat gempa. Semua orang waktu itu bahu membahu mengumpulkan bantuan, ga ketinggalan semua orang kenalan saya di Mataram yang juga open donasi. Kita ga akan pernah menyangka kalau ternyata kita semua yang ada di belahan Lombok lainnya akan jadi korban juga, satu minggu setelahnya.


5 Agustus 2018 jam 18.35

Malam itu saya berniat mau mencari tas selempang ala babang gojek yang hits kala itu untuk saya bawa liburan. Semua persiapan liburan Surabaya-Semarang sudah siap. Tiket pesawat keberangkatan pagi tanggal 6 agustus, tiket pulang, tiket kereta api PP Surabaya-Semarang, hotel 3 malam semua sudah siap malam itu, kecuali packing. Sebelum mencari tas, saya dan Naya mampir dulu ke rumah Lysya untuk mengambil foto wisuda dan pinjam blazer untuk Naya. Saya ingat betul kita baru masuk rumah Lysya langsung ke kamar kakaknya karena ada keponakannya. “Mba titip bentar ya Nay, mau sholat sebentar” kata ipar Lysya ke Naya. (anw, saat mengetik ini badan saya kembali menegang menginagt malam itu). Saat ipar Lysya ke kamar mandi, saya mulai mengangkat si bayi dan menggendongnya. Belum satu menit tibatiba ada teriakan dari kamar mandi “GEMPA…….” Semula rasanya kecil, lalu perlahan membesar, suara gemuruh dan kemudian kami berteriak berlari bersama-sama. Seluruh tetangga berteriak, kami saling memeluk di tengah aspal perumahan, dan lampu seketika mati. Kami terus berpelukan dan bumi masih bergoyang. Saat itu shalat jamaah isya masih tetap lanjut di masjid. Sebagian jamaah berlari. Sekujur badan bergetar. Nggak pernah saya sangka kalo saya akan mengalami gempa dengan guncangan sedahsyat itu. Saya menyerahkan bayi yang saya gendong sejak berlari tadi ke Ibunya dengan tangan yang sangat gemetar. Lalu saya mencoba menghubungi orang rumah tapi jaringan sibuk. Baiklah, mati lampu, guncangan kecil masih terasa, dan nggak ada jaringan. Apa yang ada di kepala saya; Nasib orang rumah gimana? 

Saya dan Naya langsung tancap gas pulang melupakan rencana awal. Sepanjang jalan sangat ramai dan macet. Semua orang menjauhi bangunan, duduk selonjor dipinggir jalan sambil saling menguatkan. Sampai di depan gang rumah, subhanallah itu orang rameeeeeeeeeeeeee banget. Terdengar beberapa bapak-bapak berteriak menyuruh semua orang keluar rumah dan kumpul di pinggir jalan karena saya tinggal di pemukiman padat penduduk. Saya tanya ke beberapa orang apa ada rumah yang rubuh, katanya tidak ada. Lalu saya tanya di mana Ibu dan adik saya, tidak ada yang tau. Hati saya mulai berkecamuk, takut sekali, lalu saya masuk ke dalam gang yang keadaannya sangat gelap, dengan beberapa genting berserakan di gang. Saya berteriak memanggil ibu saya, sampai akhirnya saya bertemu Ibu saya yang sedang meirngkuk berpelukan dgn adik saya di depan sebuah warung lalu kami bertiga menangis dan saling memeluk. “cancel keberangkatanmu besok” kata ibu, dan saya hanya mengangguk tanpa pikir panjang.

Malam itu rasanya seperti memutar ulang siaran saat saudara-saudara di Aceh ditimpa musibah tsunami 2004 lalu, karena malam itu kami hampir merasakan yang sama. Saat kami semua sudah berkumpul di depan gang tibatiba ada yang berteriak tsunamiiiiiii. Lalu saya dan adik menyeret ibu untuk berlari ke selatan. Lalu kami terdiam dan tibatiba ada teriakan lagi kalau air sudah berjarak 2 KM dari tempat kami, lalu ibu menyeret kami ke masjid “setidaknya kita mati di rumah Allah, ayo” kata Ibu lalu kami sambil saling bergandeng tangan dan berlari kencang kearah masjid. Sempat saat itu saya melihat orang menjarah konter hp di depan masjid tapi pikiran sudah tidak focus, hanya berfikir bagaimana bisa kumpul dengan ibu dan adik tanpa terpisah saja. Malam itu kami putuskan untuk menginap di halaman masjid dengan puluhan KK lainnya. Setiap detik waktu kami habiskan dengan saling menjaga, karena getaran terus terasa sepanjang malam. Setengah sepuluh malam peringatan tsunami dicabut dan diumumkan lewat pengeras suara masjid. Tengah malam lampu menyala. Tapi kami jelas-jelas tidak akan berani pulang karena guncangan nggak pernah berenti. Baru setelah subuh kami akhirnya pulang.

Kami kira semuanya berakhir tapi kami salah.

Siang saat aku, Ibu, dan adik sedang bercengkrama di depan TV kembali lagi suara gemuruh datang dan getarannya sangat kencang. Kami semua keluar rumah, suara anak menangis, teriakan Ibu mencari anak, takbir, histeris, dan semua ketakutan dating lagi. Tanpa piker panjang, seluruh warga langsung mengumpulkan terpal dan membangun tenda di tanah lapang di tengah pemukiman kami. Mulai hari itu, dan sebulan berikutnya saya dan 150 orang lainnya tidur di tenda…..


gempa malam itu, pemutakhiran menjadi 6,8SR

setelah hari itu kami mulai download aplikasi ini. aplikasi yang bikin update tapi bikin parno dan dag dig dug karena tiap hari muncul notif begini banyak





  di hari keberangkatan liat story Nini -temenku berangkat seharusnya-. Jadi sedih tapi di satu sisi akan lebih sedih kalo tetep kekeuh liburan sementara orang tua khawatir. Nini juga pasti sedih, tapi doi mau ngga mau tetep pergi karena doi mesti kuliah.

Next  aku update tentang Lombok 2019 ya...


Wassalamualaikum.

Comments

  1. Ya allah, ikut merinding bacanya. Dulu juga sempet ngalami gempa di jogja tahun 2016. Selama berhari-hari tinggal di tenda. Sejak itu tiap ada gempa dikit aja langsung kerasa dan reflek lari keluar rumah

    ReplyDelete
  2. Emaaa, aku takut banget bacanya apalagi pas bagian gendong bayi, jadi melow banget :"(
    Ema kuat banget, masih bisa bertahan dan bisa tetep tabah segitu bencana yg luarbiasa.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya, sukses terus ..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tumblr Lights, Ngehits pun Nyaman

Assalamualaikum, Tidurmu paling enak kalau lampu kamar mati atau hidup nih? Kalo saya sih paling suka remang-remang hehehe anaknya nggak bisa tidur kalau keadaan terang, tapi takut gelap. Kan bingung. Selama ini selalu pakai lampu tidur kecil, tapi ya gitu; nggak bertahan lama. Browsing-browsing di pinterest eh ternyata lampu ala tumblr gitu lucu ya? Heheheh Lampu ala tumblr, atau ngetrennya tumblr lamp itu sebenarnya lampu led kecil kelap kelip yang sering banget ditemuin di pohon natal, di plang-plang nama tempat, atau bahkan kalau di Mataram (tempat tinggal saya –red) itu ada di setiap pohon yang ada di jalan utama Kota. Uniknya, sesuai selera si empunya kamar lampu ini bisa disulap jadi dekor yang lucu. Kalau kyk gini fungsinya jadi double; penerang waktu tidur & dekorasi kamar. Seru kan? pinterest Tumblr lamp ini banyak banget dijual dimana-mana, ada di supermarket bahkan di toko online. Kisarannya mulai dari 30ribu keatas, sesuai dengan panjang lampu d

BALI: Milu By Nook

Assalamualaikum, Been year in Bali, jadi ga afdol kalo belum post sesuatu tentang Bali yah. Ga jauh-jauh dari destinasi wisata, kali ini mau share salah satu cafe yang menurut aku bisa jadi tujuan kamu kalo datang ke Bali. Namanya Milu by Nook. Lokasinya ada di Jl Pantai Berawa No 90 XO Canggu, Kuta Utara. Kalo dari jalan Gatsu Barat Denpasar, sekitar 18 menit. Dari luar keliatannya sih tempatnya kecil, kyk cafe biasa. Nah pas masuk, hawa nyamannya tuh langsung berasa kyk lagi di rumah. Banyak pilihan tempat duduk, ada yang indoor dan outdoor. Asiknya lagi, view outdoor langsung ke arah sawah gitu. Ini sih yang keren banget! Cafe ini buka dari pagi jam 8 sd jam 11 malem, jadi mereka punya varian menu dari sarapan, brunch, lunch sampai dinner. Buat kamu yang vegetarian, di sini ada opsi menu vegetarian juga lho! Waktu kita pesan makanan, nanti pelayannnya akan memastikan pesanan kamu dan bertanya apa kamu ada alergi makanan atau engga. Aku pesan men

Keunikan Kota Tua dan Pantai Ampenan, Destinasi Halal dekat Pusat Kota

Melaju ke arah barat di Jl. Majapahit menuju Ampenan, melewati pasar ACC, dan berbeloklah ke kanan. Anda kemudian akan sampai pada sebuah kawasan wisata yang unik di Mataram, yakni Kota Tua Ampenan. Nggak hanya menyajikan bangunan-bangunan dengan arsitektur kuno yang khas, lebih dalam dari itu ada hal-hal unik yang perlu kalian tau mengapa Kota Tua Ampenan harus ada di list pertama kalian untuk staycation atau tempat berlibur untuk yang berasal dari luar kota Mataram dan ingin menikmati tempat-tempat di sekitar Kota Mataram. Lombok sebenernya terkenal dengan berbagai macam destinasi alamnya, tapi nggak ada salahnya untuk mencoba suasana baru dan menikmati suasana dalam kota, kan? Berkunjung ke Kota Tua Ampenan apalagi di saat weekend, menurut saya adalah pilihan yang tepat. Apalagi saya memilih untuk tidak masuk melalui gerbang utama Kota Tua, alias memilih jalan masuk melalui Kampung Melayu; sebuah kampung unik kalau menurut saya karena dihuni oleh berbagai macam etnis ras yakni